Senin, 07 November 2011

Artificial Intelligence

Tampaknya setiap orang memiliki pendapat mereka sendiri tentang kecerdasan. Kecerdasan adalah sebuah konsep yang semua orang tahu, tapi pengertiannya berbeda. Sebagaimana telah kita lihat dalam bab sebelumnya. Rasa adalah sensasi yang kompleks dalam empat dimensi - manis, asam, kepahitan dan asin. Demikian pula, kecerdasan adalah konsep yang rumit, dengan beberapa dimensi. Kecerdasan bukanlah sesuatu yang dapat dijelaskan secara definitif.

Meskipun definisi kecerdasan yang penuh dengan masalah, kita bisa mencari properti yang diinginkan dari kecerdasan bahwa dapat membantu kita untuk menggambarkan sifat intelijen. Dengan kata lain, kita dapat menentukan sifat kecerdasan dengan menjelaskan apa yang 'terlihat' seperti apa itu 'selera'. Peneliti AI  dengan latar belakang pengetahuan teknik dan pendekatan simbolis. AI akan menjelaskan kecerdasan menggunakan bahan seperti berikut:
  • kapasitas untuk memperoleh dan menerapkan pengetahuan;
  • kemampuan untuk melakukan penalaran, dan
  • kemampuan untuk membuat keputusan dan rencana untuk mencapai tujuan tertentu.
Peneliti AI yang lebih memilih pendekatan berbasis perilaku akan menggambarkan perilaku cerdas, menggunakan bahan-bahan seperti:
  • kemampuan untuk melakukan tindakan yang cerdas agen eksternal akan anggap cerdas;
  • kemampuan untuk menunjukkan pengetahuan tentang konsekuensi dari tindakannya, dan
  • kemampuan untuk menunjukkan pengetahuan tentang bagaimana untuk mempengaruhi atau mengubah lingkungan dalam rangka mempengaruhi hasil dan mencapai tujuannya.

Jika kita berpikir dari kecerdasan menggunakan analogi pemetaan, maka kita mungkin menggunakan bahan-bahan berikut untuk menjelaskan kecerdasan:
  • kemampuan mewujudkan suatu, terletak agen untuk lingkungan peta, baik yang nyata dan abstrak (yaitu mengenali pola-pola untuk menyediakan penyederhanaan berguna dan / atau karakteristik dari yang lingkungan);
  • kemampuan untuk menggunakan peta untuk navigasi sekitar lingkungan tersebut;
  • kemampuan untuk memperbarui peta ketika menemukan ketidak-cocokan realitas; dan
  • kemampuan untuk berkomunikasi rincian peta untuk agen lainnya.

Adalah penting untuk menyadari, bagaimanapun, bahwa ini bukan deskripsi definitif, hanya bahan-bahan alternatif untuk kecerdasan. Dalam bab-bab sebelumnya, kita telah melihat berbagai contoh (diimplementasikan sebagai model di NetLogo) yang telah menunjukkan beberapa bahan. Dalam beberapa hal, model ini telah menunjukkan kecil tingkat kecerdasan dalam arti bahwa jika kita mengamati agen manusia dengan perilaku yang sama, kita anggap bahwa untuk sebagai tanda kecerdasan.
Load disqus comments

0 komentar